Pembuatan Kolam Ikan

  • Diposting oleh Sofhal Jamil
  • di 10.32 -
  • 0 komentar
Pembuatan Kolam Ikan - Kolam adalah sebuah sarana budidaya ikan yang penting untuk menunjang keberhasilan budidaya ikan khususnya perikanan darat. Kolam ikan merupakan media atau wadah air yang digunakan untuk ikan hidup, sehingga diusahakan semirip mungkin dengan kondisi alami  lingkungan ikan di alam bebas, atau dengan kata lain diharapkan kita dapat memanipulasi lingkungan kolam sehingga ikan betah dan mau berkembang dengan baik di kolam.



Beragam jenis dan bentuk kolam ikan sudah dikembangkan berdasarkan aspek budidaya dan ekonomi, tinggal kita sebagai praktisi perikanan memilih kira-kira jenis dan bentuk kolam yang mana yang cocok untuk kita.


I. Jenis-Jenis Kolam Ikan


  • Kolam Ikan Tanah : yaitu kolam ikan yang dibuat secara tradisional dengan cara menggali tanah dengan kedalamam tertentu dan tanah galian tersebut dibuatkan tanggul keliling sebagai penahan air. Bentuk kolam ini tergantung dari ketersediaan lokasi lahan, bisa segiempat, persegi panjang, lingkaran, ataupun trapesium.
  • Kolam Ikan Beton/semen :  yaitu kolam ikan yang dibuat menggunakan campuran pasir,semen,batu dan rangka besi. Kolam jenis ini relatif kuat dan tahan bocor, tetapi biaya pembuatannya mahal.
  • Kolam Ikan Terpal : yaitu kolam ikan yang dibuat menggunakan terpal dengan rangka kayu dan papan. Kolam jenis ini dirasakan paling efisien dan murah dibandingkan dengan dua jenis kolam lainnya.


II. Cara Pembuatan Kolam Ikan

A. Kolam Ikan Tanah

  1. Tentukan rencana lokasi kolam
  2. Tentukan rencana luas kolam, supaya kualitas air stabil dan pertumbuhan ikan optimal maka luas kolam minimal burukuran 2m x 3m, buatlah batas-batasnya.
  3. Mulailah menggali sampai kedalaman 75cm, tanah bagian atas yang subur disimpan dulu untuk dikembalikan lagi ke dalam kolam kalau kolam sudah jadi, tanah hasil galian selanjutnya  ditimbun dan disusun di sepanjang batas kolam yang sudah dibuat sebelumnya, kalau ada sisa-sia kayu atau akar sebaiknya dibuang  sehingga tanggul tidak mudah bocor .
  4. Tanam pralon berbentuk L di salahsatu sudut tanggul untuk saluran   pembuangan, dan disudut yang lain sebagai saluran   pemasukan.
  5. Buatlah jaring seukuran kolam untuk mempermudah pemanenan ikan nantinya.

B.  Kolam Ikan Beton

  1. Tentukan rencana lokasi kolam
  2. Tentukan rencana luas kolam, supaya kualitas air stabil dan pertumbuhan ikan optimal maka luas kolam minimal burukuran 2m x 3m, buatlah batas-batasnya.
  3. Mulailah membuat pondasi kolam dan kerangka besi untuk dinding kolam.
  4. Buatlah papan mal pondasi dan  tanggul kolam untuk pengecoran dinding kolam dan pondasi, setelah itu lakukanlah pengecoran. Untuk dasar kolam biarkan berupa tanah.
  5. Apabila ingin menghemat biaya, dinding kolam bisa juga menggunakan batu bata atau batako, akan tetapi dinding rawan retak.
  6. Tanam pralon berbentuk L di salahsatu sudut tanggul untuk saluran pembuangan, dan disudut yang lain sebagai saluran pemasukan.
  7. Buatlah parit ditengah kolam yang menghubungkan antara saluran pemasukan dan pembuangan untuk mempermudah pemanenan nantinya.

C.  Kolam Ikan Terpal

  1. Tentukan rencana lokasi kolam
  2. Tentukan rencana luas kolam, supaya kualitas air stabil dan pertumbuhan ikan optimal maka luas kolam minimal burukuran 2m x 3m dengan terpal 3m x 4m, lalu buatlah batas-batasnya.
  3. Mulailah membuat  tiang kolam dengan kayu, jarak antar tiang 1m.
  4. Buatlah dinding kolam dengan papan dan dipaku ke tiang-tiang yang sudah dipasang.
  5. Ratakan dasar tanah sebelum terpal dimasukkan agar tidak ada benda-benda tajam yang dapat membuat terpal bocor.
  6. Masukkan terpal, ikat atau paku tepi-tepi atasnya ke tiang-tiang kolam, lipat ujung-ujungnya.
  7. Siapkan selang air untuk pemasukan dan pengeluaran air.
  8. Supaya suhu air tida terlalu panas pada siang hari, sebaiknya buatkanlah penutup dari paranet atau kalau mau lebih murah meriah yaitu dari daun kelapa. Sumber : Ary Ariefin, S.Pi. : http://penyuluhperikanan.com/ (Kolam Ikan)

Author

Written by Fauzan Hangriawan

Fauzan Hangriawan. Pengusaha lele sangkuriang di Jakarta. Pemilik Sylva Farm Bangun Bangsa. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Atmajaya, Jakarta. Juara pertama Wirausaha Muda Mandiri 2010.

0 komentar: